PUBLIC RELATION


PUBLIC RELATION

Relasi, apa pentingnya relasi? Jadi begini, ibaratkan level, relasi adalah tolak ukur setinggi apa level kita dalam suatu hubungan kepada public.
Kita ambil satu contoh studi kasus, salah seorang desainer grafis (A) mempunyai skill yang lumayan mumpuni, tetapi level relasinya hanya sebatas dengan pengusaha-pengusaha kecil, pegawai-pegawai staff sebagai Client (B), sehingga ketika ia mendapatkan job desain, paling tidak ia mendapatkan paling besar 100-300rb per desain. Berbeda lagi jika level si A sudah berada di tingkat yang lebih tinggi, pengusaha-pengusaha ternama, manager di sebuah perusahaan, pejabat-pejabat, apa yang akan ia dapatkan? Bukan cuma uang yang lebih besar, juga benefitnya berbeda, misal tadi 100-300rb untuk 1 desain, dengan tingginya level yang dia punya walaupun desain yang dia kerjakan sama tingkatnya tetapi bayarannya bisa mencapai 1-5 jt per desain bahkan lebih besar lagi tergantung seberapa besar Apresiasi client tersebut terhadap Desainer. Selain itu, keuntungan mempunyai relasi yang luas adalah untuk kita yang suka bekerja, apabila kita mengenal salah satu staff/manager/direktur disebuah perusahaan yang lumayan besar, bukan tidak mungkin kita bisa bekerja disebuah perusahaan itu dengan jabatan yang lebih tinggi (include skill) daripada orang yang susah payah melamar pekerjaan, dan itu istilah yang biasanya disebut “The Power of Orang Dalam”.
Okey, mungkin sedikit saja materi tentang Relasi yang saya jelaskan, terkait keuntungan mempunyai relasi yang luas dengan orang-orang besar. Tapi itu kembali lagi kepada diri kita sendiri sebisa apa memanfaatkan relasi tersebut.
Di artikel selanjutnya saya akan membahas tentang Public Speaking, salah satu elemen yang mempengaruhi jam terbang kita untuk menuju sukses dalam usia muda.
Semoga bermanfaat, jika bermanfaat jangan lupa share pendapat ini kepada orang-orang disekitar kita.
Terimakasih.


Article by :
Dede Sofyansyah (Content Writer/Graphic Designer)
Copyright ® 2020 – DS-Art.

No comments:

Powered by Blogger.